Minggu, 19 Mei 2013

Trik Membuat Program / Aplikasi Termasuk Games Menjadi Portable


Apa yang anda rasakan ketika laptop, netbook dan PC anda terlalu banyak aplikasi/program yang terinstall?? Saya yakin semua sepakat komputer kita akan lemot, lebih lambat binti lelet. Tentu hal ini membuat kita jengkel ketika kita diburu waktu sementara komputer kita bekerja sangat lambat.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Gak mungkin kita harus membuang beberapa aplikasi/program kesayangan kita (di-uninstall). So? Apa solusi selanjutnya? Tentu dengan memindahkan aplikasi/program yang sekiranya memberatkan komputer kita ke drive lain ataupun tempat penyimpanan lain seperti flashdisk/CD. Apa itu bisa? program yang tidak terinstall masih bisa jalan? Jawabannya, bisa, yaitu dengan merubah aplikasi/program menjadi portable.!!

Ok kita langsung praktekin trik yang saya posting kali ini. Saya ambil contoh aplikasi games.

downloadLangkah awal sebelum kita merubahnya, silahkan download terlebih dahulu bahannya disini:

Setelah itu extract file yang sudah donwload tadi yang berbentuk zip

Pilih / klik file didalam file yang berekstensi .bat sehingga muncul seperti gambar dibawah ini:

Next, buka aplikasi/program yang akan dijadikan portable (melalui my computer / jendela Explorer). Terus drag atau seret file yang berekstensi .exe ke jendela MS DOS seperti dibawah ini (Cara menyeret ialah dengan klik dan tahan lalu arahkan) seperti pict berikut lalu tekan ENTER
Pilih nomor 1, ketikkan angka 1 lalu Enter
Setelah selesai, Copy semua file (program) dalam satu folder (di Program Files) ke tempat dimana yang anda inginkan (Di Drive selain C: / Flashdisk / CD dan lain-lain)


Langkah terakhir jalankan aplikasi / program yang sudah anda pindahkan dan lihat hasilnya. (yang ada di Program Files boleh anda uninstall / hapus)

0 komentar:

Posting Komentar