Jumat, 24 Mei 2013

Aplikasi Perpustakaan Dengan Delphi 7

Saat ini tak terasa sudah 3 semester saya jadi mahasiswa BSI. Di semester no 4 ini, saya dapet mata kuliah Algoritma & Pemrograman 2, yang menggunakan Delphi 7 sebagai media belajar. Awalnya saya ragu dengan Delphi, saya lebih percaya sama VB 6 yang sudah lumayan saya kenal di semester 3.

Tapi, rasa penasaran saya untuk mencoba membuat aplikasi dengan Delphi, bikin saya susah tidur. Percobaan pertama, baru beberapa kode saya tulis, tapi saat di debug banyak error. Saya menggunakan Modul sebagai referensi, tapi ternyata banyak sintak yang ngawur. Saat itu saya lagi libur nggak ada internet, jadi males deh.

Waktu masuk ke kampus, eh ada free wifi.id, jadi bisa browsing. Akhirnya dapet beberapa referensi, langsung saya print ke PDF, buat di baca di rumah. Ternyata lumayan susah juga mencari referensi untuk Delphi yang berbahasa Indonesia, itulah yang bikin saya tambah penasaran.

Akhirnya setelah beberapa hari, saya berhasil membuat aplikasi yang sangat sederhana dengan database Access. Saya baru sadar, ternyata program hasil dari Delphi jauh lebih cepat dari VB, lebih mudah dikustomisasi juga. Tampilannyapun bisa dipercantik menggunakan Alphaskin. Tapi, saya lebih prefer pake tampilan tema OS aja menggunakan komponen XPManifest.

Nah, biar lebih deket lagi sama Delphi, saya mencoba membuat aplikasi perpustakaan yang saya namakan Mendoan Library System yang alhamdulillah selesai dalam waktu kira-kira 5 hari. Buat temen-temen yang mungkin ingin mencobanya, saya menyediakan aplikasi dan sourcenya di 4shared.com :
DISINI

1 komentar: